Sabtu, 24 Juli 2010

Tiga Bagian Komputer

Komputer
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Dalam pengoperasian komputer, ada 3 bagian penting dari komputer yang perlu diketahui yaitu: hardware, brainware, dan software.

1. Hardware/perangkat keras
Hardware merupakan perangkat-perangkat elektronik yang sifatnya benda mati atau semua bagian fisik komputer yang dirangkai sehingga membentuk suatu sistem komputer. Hardware merupakan salah satu element dari sistem komputer, suatu alat yang bisa dilihat dan diraba oleh manusia secara langsung, yang mendukung proses komputerisasi, misalnya: chasing, hardisk, memory, motherboard, etc. Peralatan ini umumnya cukup canggih. Dia dapat bekerja berdasarkan perintah yang ada padanya, yang disebut juga dengan instruction set. Dengan adanya perintah yang dimengerti oleh mesin tersebut, maka perintah tersebut melakukan berbagai aktifitas kepada mesin yang dimengerti oleh mesin tersebut sehingga mesin bisa bekerja berdasarkan susunan perintah yang didapatkan olehnya.

2. Brainware/manusia sebagai pengguna
Brainware adalah suatu bagian atau elelemen dari sistem komputer yang berperan sebagai pengguna yang merancang bagaimana suatu mesin dapat bekerja sesuai dengan hasil yang diinginkannya. Manusia berkomunikasi dengan bahasa manusia.Sedangkan hardware berkomunikasi antar perangkat keras yang ada dengan bahasa mesin. Agar manusia bisa memerintah hardware dan bisa dipahami oleh hardware yang ada, maka diperlukan suatu elemen lain yang disebut software.

3. Software/perangkat lunak yang berguna sebagai perantara untuk memerintah hardware
Software merupakan kumpulan beberapa perintah yang dieksekusi oleh mesin komputer dalam menjalankan pekerjaannya. Ini dibuat untuk menjalankan perintah yang diinginkan oleh manusia. Untuk mencapai keinginannya tersebut dirancanglah suatu susunan logika, logika yang disusun ini diolah melalui perangkat lunak, yang disebut juga dengan program beserta data-data yang diolahnya. Pengeloahan pada software ini melibatkan beberapa hal, diantaranya adalah sistem operasi. Sistem operasi merupakan program utama yang harus ada pada komputer yang berfungsi agar perintah yang diinginkan bisa dipahami oleh hardware, misalnya adalah windows, linux, etc. Sedangkan program lainnya adalah program aplikasi yang dibuat sesuai dengan kebutuhan semisal program aplikasi untuk pengetikan, mengolah foto, dsb. Software ini mengatur sedemikian rupa sehingga logika yang ada dapat dimengerti oleh mesin komputer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar