Jumat, 13 Agustus 2010

Bootable USB dengan Hiren Boot CD

Untuk seorang teknisi komputer, Hiren Boot CD sangatlah membantu. CD ini berisi banyak tool-tool yang meringankan pekerjaan. Dari Antivirus, Ghost, Disk Manager dan yang paling membantu adalah Mini Windows XP. Bagaimana jika kita ingin booting dari USB yang berisi Hiren? Begini caranya :

1. Pasang flash disk USB (Minimal 256MB)
2. Download dan jalankan USB Disk Storage Format (download disini)


Angka pada lingkaran hijau adalah urutan langkah.
Perhatian, program ini akan melakukan format pada flash disk, jadi backup dulu data penting.
3. Download dan jalankan grubinst_gui (download disini)


4. Copy file grldr dan menu.lst dari grub4dos.zip ke root dari USB Flash Disk


5. Masukkan CD Hiren Versi 9.7 atau yang terbaru ke USB Flash Disk
6. Selesai, silahkan coba flash disk anda untuk booting 

Catatan :
Periksa Setting Anda
  • Agar dapat booting dengan baik dengan Flashdisk USB astikan PC Anda mendukung booting melalui Flashdisk. Masuk pada BIOS dengan menekan tombol ‘Del‘ pada keyboard atau tombol lain sesuai BIOS Anda. Kemungkinan alternatifnya adalah ‘F1‘, ‘F2‘, ‘Insert‘ dan ‘F10‘. Mungkin beberapa motherboard lain mengharuskan untuk menekan tombol lain untuk dapat masuk ke BIOS. Perhatikan pesan saat booting seperti ini ‘Press [Del] to enter Setup‘ yang mengindikasikan bahwa Anda harus menekan ‘Del’ untuk dapat masuk ke BIOS.
  • Untuk Laptop aktifkan fungsi Multi boot lewat BIOS terlebi dahulu, lalu tekan tekan F12(biasanya) pilih USB boot. (Catatan : Flashdisk sudah tertancap di slot USB Laptop)
  • Cek BIOS Anda. Jika Anda memakai BIOS keluaran AMI, mungkin Anda perlu mengubah setting pada pilihan ‘USB Keyboard Legacy support‘.
  • Setting BIOS:
    Untuk AMI BIOS:
    - Masuk ke Feature Setup, Set ke posisi ‘Enable‘ beberapa fungsi berikut: ‘USB Function Support‘, ‘USB Function For DOS‘ dan ‘ThumbDrive for DOS‘.
    Masuk ke bagian Advanced Setup, set ‘1st Boot Device‘ ke ‘USB RMD-FDD‘. Reboot PC Anda, dan seharusnya Anda sudah bisa booting melalui Flashdisk USB. - Masuk ke bagian USB Mass Storage Device Configuration. Pilih ‘Emulation Type‘ dan set ke ‘Harddisk‘. Kemudian masuk ke ‘Boot Menu‘ dan set ‘1st boot device‘ ke ‘USB Stick‘. Exit dari BIOS untuk menyimpan perubahan.
    Jika tetap tidak bisa, Anda bisa coba pilihan ‘Emulation Type‘ ke ‘Floppy‘ atau ‘Forced FDD
    Untuk Phoenix/Award BIOS:
    Masuk ke ‘Advanced BIOS Features‘. Pilih ‘1st Boot device‘ dan set pada ‘USB ZIP‘.
  • Jika semua setting di atas masih belum membuat USB Hiren Anda berjalan normal atau keluar GRLDR, silakan coba download dan gunakan Syslinux untuk menggantikan fungsi grub4dos.
Semoga berhasil!
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar